GSAM ke – 7 Tahun 2015

Sebanyak 36 pangkalan Gugusdepan (Gudep) SMP/MTs tiga wilayah Bregas yaitu Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes beradu prestasi dalam ajang Ganas Scout Achievement Meeting (GSAM) ke – 7 tahun 2015. Perhelatan tahunan yang digelar dalam rangka HUT Ambalan Gajahmada dan Nyi Ageng Serang Gudep Pangkalan SMA Negeri 1 Slawi itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Kwarcab Tegal Bidang Orgakum, Drs H Agus Subagyo MM mewakili Ketua Kwartir Cabang, Minggu (22/3).

 

Kepala SMP Negeri 1 Slawi, Drs Mimik Supriyatin MM melalui Pembina Pramuka, Nenny Dwi Agustini SH menjelaskan kegiatan GSAM bertujuan untuk membina dan mengembangkan persaudaraan dan meningkatkan persatuan serta kesatuan dikalangan pramuka penggalang dalam kegiatan prestasi. Selain itu juga sebagai ajang pencapaian prestasi bagi para anggota pramuka penggalang di Kabupaten Tegal, Kota Tegal, dan Kabupaten Brebes.

“Ajang ini juga menjadi sarana pengembangan diri dalam bina satuan bagi Pramuka Penegak SMA Negeri 1 Slawi. Sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ambalan,” katanya.

Dikatakan, beragam kegiatan prestasi dilombakan dalam GSAM ke – 7 yaitu Ganas Scout Rally (penjelajahan), Ganas Smart Competition (Rangking satu), Ganas Pionering Competition (Pionering), Ganas Javaneese Competition (bercerita dalam bahasa jawa ngoko alus), Ganas Sout Technology (GST) dan Ganas March Competition (PBB kreasi).

“Kegiatan mengambil tema “pramuka cerdas, kreatif dan berbudaya Indonesia”. Tahun ini merupakan peserta terbanyak yakni mencapai 36 sekolah dibanding tahun sebelumnya yang berkisar 20an sekolah,” bebernya

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Tegal, Drs Agus Subagyo MM dalam sambutannya menegaskan semua materi kegiatan yang dilombakan dalam GSAM bukanlah merupakan tujuan akhir, tetapi merupakan alat untuk mencapai tujuan, yaitu untuk mewujudkan kemampuan fisik, pengetahuan, ketrampilan, kedisiplinan pribadi, tanggungjawab dan sikap mental yang mantap bagi peserta.

“Dengan demikian, dalam pelaksanaan kegiatan ini saya berharap tetap berpegang teguh pada obyektifitas kenyataan yang ada, terlebih untuk mata lomba dimana penilaiannya dapat dipengaruhi dengan unsur rasa subyektifitas,” tegas Agus.

Menurut pria yang menjabat Kepala BLH itu, kegiatan GSAM hendaknya dapat dijadikan sarana untuk mencari dan saling tukar pengalaman, sehingga akan dapat menambah pengetahuan yang belum pernah didapatkan sebelumnya.

“Jadikan kegiatan ini untuk saling tukar pengalaman, sehingga akan  menambah pengetahuan adik-adik. Kegiatan ini saya nilai sangat bagus, karena mengandung nilai inovatif, edukatif, produktif dan rekreatif,” pungkasnya. 

124192
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semuanya
84
69
485
118327
2095
4825
124192

IP Anda: 54.198.103.13
Waktu di Server: 2018-09-22 11:07:06
Copyright © 2018 SMP Negeri 1 Talang. All Right Reserved.